YANG TERLEAWATKAN

Dear Dee …

Alhamdulillah akhirnya aku bisa kembali lagi menulis lagi…

Muhasabahnya insyaAllah.. intinya aku harus lebih banyak bersyukur daripada mengeluh, dimana keluhan tsb hanya akan membuatku ghirah ( semangat )ku pupus.. plus harus meluruskan niat toh bagaimanapun smua yang kutulis adalah ilmu Allah.. kesempatannya pun Allah yang memberikan .. semua kebaikan dan keindahannya bukan dari diriku, yang jujur kadang ada rasa ujub yang mengerogoti hati hingga membuat hatiku tak tenang. itu sebabnya aku memerlukan waktu untuk merefleksikan diri “TANPA ALLAH, aku Bukanlah siapa-siapa”

Dalam kesempatan yang Allah berikan kali ini, aku ingin menulis kembali kisah yang pernah di lalui oleh beberapa orang yang dekat denganku. maklum kadang sifatku selalu pengen tahu aja 😛

 

Dee …

Semua yang ada di bumi ini telah Allah rancang sedemikian rupa, walau kadang kita sebagai hambanya yang dhoif dan juga terkadang terlalu membesar-besarkan masalah hingga mata hati kita tertutup akan nikmat dan potensi yang Allah berikan dan hikmah yang Allah simpan di tiap kejadian.

berikut ini ada beberapa cuplikan kisah yang insyaAllah bisa kita ambil hikmah indah di dalamnya ….

 

Kisah Pertama :

Dia adalah salah satu teman di tempatku bekerja. entah apa yang aku tanyakan waktu itu padanya hingga menyambung pada sebuah pengakuan. dahulu dia adalah seorang perokok aktiv banget. sehari aja dia bisa menghabiskan 2 bungkus rokok. sampai suatu ketika Allah tidak memberikan uang sepeserpun padanya dirinya untuk bisa membeli rokok kesukaannya.

sehari dua hari dia mencoba bertahan untuk tidak merokok.dan alhamdulillah dari rizki yang di tunda Allah untuknya, dia bisa berbebas dari ketergantungan dari benda yang syubhat tsb.

waktu ku tanya apakah dia tersiksa tidak merokok, dia menjawab ” mulanya memang ada sesuatu yang hilang, namun akhirnya aku bisa menikmati hidup dari Allah”

 

Kisah Kedua *) :

Di sebuah daerah kecil di surabaya hiduplah seorang wanita berhati mulia. mungkin dia hanya lulusan SMP namun sikap dan pola pikir beliau sangat maju. beliau adalah seorang penjahit . suatu ketika dia dihimpit hutang yang begitu banyak.hingga waktu ia pengen hutang lagi tak ada satupu dari tetangganya yang memberikan pinjaman karena takut tidak bisa ia lunasi.

beliau hanya pasrah waktu itu ..

beliau berdo’a Ya Allah hamba mohon kuatlah hamba menghadapi semua ini.

akhirnya selang beberapa waktu kemudian Allah melapangkan rizkinya.

saat waktu bersamaku dia berkata “Dhek lilik, mbak bersyukur karena Allah telah membuat orang-orang tidak mempercayai mbak untuk berhutang pada mereka sehingga mbak orang yang terbebas dari hutang pada manusia. dan darisanalah pintu-pintu pertolongan Allah terbuka..

 

Dari kisah tersebut aku banyak belajar. bahwa sesuatu yang tidak Allah berikan, atau Allah tunda waktu pemberiannya.bukan berarti Allah tidak sayang pada kita. Namun Allah masih menyimpannya dalam bentuk kebaikan yang hanya bisa di buka dengan akal yang bijak dan hati yang ikhlas.

 

dalam Sebuah hadist :

Rasululah berkata:

 

Tak seorang pun pendoa, melainkan ia berada di antara salah satu dari tiga kelompok ini:

 

Kadang ia dipercepat sesuai dengan permintaannya,

atau ditunda demi pahalanya,

atau ia dihindarkan dari keburukan yang menimpanya.

 

 

(HR. Imam Ahmad dan AI-Hakim).

an kembali lagi semua tergantung bagaimana cara kita menyikapi tiap semua yang telah Allah gariskan pada diri kita. karena sebuah sikap yang akan menentukan kualitas diri kita di hadapan Allah, dan sikap pula yang bisa membedakan orang yang larut dalam masalah ataukah orang yang cerdas dan bijak yang lebih menfocuskan sebuah solusi daripada masalah dengan mempertimbangkan aspek nikmat-nikmat yang Allah berikan dalam hidupnya..

 

Semoga Bermanfaat

LILIK WIJAYATI

Amatullah Mufidah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: